Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Cara Menambah Nafsu Makan (No. 8 Paling Mudah Dilakukan)

Myles Bannister

Mengenali Berbagai Cara Menambah Nafsu Makan

Sebelum menjelaskan mengenai cara meningkatkan nafsu makan, perlu Anda ketahui bahwa hilangnya nafsu makan bisa disebabkan oleh stres, kecemasan, atau efek samping obat tertentu. Apabila nafsu makan menurun terus-menerus, maka risiko gangguan kesehatan dan kurangnya gizi dapat terjadi.

Berikut adalah beberapa cara menambah nafsu makan yang bisa Anda lakukan:

1. Membagi porsi makan lebih kecil

Cara menambah nafsu makan pertama adalah mengonsumsi porsi makan yang lebih kecil namun sering. Langkah ini bisa dilakukan dengan membagi tiga makanan utama menjadi lima atau enam porsi kecil.

Setelah nafsu makan meningkat, Anda dapat meningkatkan porsi makanan atau menambah lebih banyak bahan untuk mengonsumsi lebih banyak kalori sepanjang hari.

2. Menjadikannya sebagai aktivitas menyenangkan

Cara menambah nafsu makan alami berikutnya adalah membuat aktivitas makan menjadi menyenangkan. Memasak dan makan bersama orang lain dapat membantu merangsang nafsu makan dibanding makan sendirian.

Agar suasana makan lebih menyenangkan, Anda bisa mengundang teman atau keluarga yang jarang ditemui untuk makan bersama. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan bersama teman-teman dapat meningkatkan asupan makanan hingga 18% dan makan sambil menonton TV dapat meningkatkan asupan sebesar 14%.

3. Mengganti ukuran piring

Jika Anda merasa makanan dalam porsi besar membuat nafsu makan menurun, sebaiknya Anda menggunakan piring yang lebih besar untuk meletakkan makanan tersebut. Anda bisa menyajikan makanan di atas piring besar dan bukan piring kecil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya ukuran piring dapat membuat Anda menyajikan porsi makanan yang lebih besar. Bahkan jika Anda tidak terlalu menyukai makanan sebanyak itu. Dengan kata lain, cara menambah nafsu makan ini bisa efektif jika Anda menyajikannya dalam piring yang lebih besar.

4. Tidak melewatkan sarapan

Mengonsumsi sarapan setiap hari penting untuk meningkatkan nafsu makan dan berat badan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa melewatkan sarapan pagi dapat membuat Anda makan lebih sedikit sepanjang hari, yang bertentangan dengan tujuan meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, sarapan juga meningkatkan efek termogenesis tubuh, sehingga Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Ini dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

5. Mengurangi konsumsi serat

Cara menambah nafsu makan berikutnya adalah menghindari diet tinggi serat. Diet tinggi serat telah terbukti menyebabkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Walaupun makanan tinggi serat dianjurkan dalam diet seimbang, itu dapat memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah asupan serat Anda jika ingin meningkatkan nafsu makan.

6. Mengonsumsi makanan yang mengandung rempah-rempah

Beberapa makanan dapat memperlambat pencernaan dan menghasilkan gas, sehingga dapat menyebabkan perut terasa penuh dan mengurangi nafsu makan.

Sementara itu, bumbu seperti rempah-rempah karminatif dapat membantu mengurangi perut kembung dan meningkatkan nafsu makan. Bumbu penambah nafsu makan alami ini juga dapat merangsang produksi empedu untuk memfasilitasi pencernaan lemak.

Beberapa contoh rempah-rempah karminatif adalah adas, pepermin, lada hitam, ketumbar, jahe, dan kayu manis. Ketika makanan Anda memiliki aroma dan rasa yang menyenangkan, itu bisa memicu nafsu makan.

7. Berolahraga lebih sering

Selama berolahraga, tubuh Anda membakar kalori untuk mempertahankan tingkat energi. Aktivitas fisik ini dapat meningkatkan nafsu makan untuk mengganti kalori yang terbakar.

Olahraga juga dapat memengaruhi beberapa proses dalam tubuh yang telah terbukti merangsang rasa lapar. Dampaknya termasuk meningkatnya laju metabolisme dan massa otot, serta perubahan dalam produksi hormon.

Sebuah studi menunjukkan bahwa cara menambah nafsu makan ini efektif dalam meningkatkan asupan makanan. Namun, nafsu makan Anda cenderung meningkat setelah beberapa hari berolahraga, bukan hanya satu hari setelah berolahraga.

8. Menyiapkan makanan favorit

Cara menambah nafsu makan yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang paling Anda sukai. Makanan favorit Anda adalah makanan yang paling mudah memicu nafsu makan. Oleh karena itu, selalu siapkan makanan favorit Anda agar Anda tidak menunda atau melewatkan waktu makan.

9. Batasi konsumsi air sebelum atau saat makan

Jika Anda minum banyak air sebelum atau saat makan, perut Anda akan terasa penuh, yang akan mengurangi nafsu makan Anda. Cara menambah nafsu makan yang dapat dilakukan adalah membatasi konsumsi air setidaknya 30 menit sebelum Anda mulai makan.

10. Mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan

Kekurangan beberapa jenis nutrisi dapat mengurangi nafsu makan seseorang. Oleh karena itu, cara menambah nafsu makan yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis suplemen yang dapat meningkatkan nafsu makan, seperti zinc, tiamin, echinacea, dan minyak ikan.

Nah, itulah beberapa cara menambah nafsu makan yang dapat Anda coba. Jika beberapa cara di atas tidak membuahkan hasil, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

Nah, itulah beberapa cara menambah nafsu makan yang dapat Anda coba. Jika beberapa cara di atas tidak membantu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

About The Author

Morfin: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan dan Efek Samping