Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Camilan yang Sehat untuk Malam Hari

Myles Bannister

Ternyata, ngemil di malam hari bisa jadi sehat dan mendukung asupan gizi yang cukup serta kualitas tidur yang baik, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat dan memilih jenis camilan yang sehat.

Tips Memilih Camilan Sehat untuk Malam Hari

Anda sebaiknya memilih camilan yang:

  • Kaya gizi: terutama pada vitamin dan mineral agar kebutuhan gizi harian terpenuhi dan dapat mendukung kualitas tidur
  • Rendah kalori: agar berat badan dan metabolisme tubuh tidak bertambah dan semakin berat
  • Mengenyangkan: memiliki kandungan serat yang baik

Jenis Camilan Enak dan Sehat untuk Malam Hari

Berikut adalah 10 jenis camilan enak dan sehat yang bisa dikonsumsi pada malam hari:

1. Buah Ceri

Buah ceri mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat mendukung kualitas tidur yang lebih baik. Buah ceri juga mengandung beta karoten yang tinggi, yang merupakan jenis antioksidan.

Disarankan untuk mengonsumsi buah ceri dalam bentuk segar, bukan dalam kalengan atau dengan tambahan pemanis atau pewarna buatan.

2. Buah Beri

Buah beri, seperti blueberi, blackberi atau stroberi, juga mengandung antioksidan tinggi. Buah beri dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan memperbaiki kualitas tidur.

Pastikan untuk memilih buah beri yang matang sempurna agar mendapatkan rasa manis yang alami dan mencegah ketidaknyamanan pencernaan pada malam hari.

3. Pisang

Pisang mengandung magnesium dan potasium, yang baik untuk kualitas tidur yang lebih baik. Anda dapat mengonsumsi pisang dalam bentuk utuh, smoothies, atau pisang bakar dengan tambahan topping rendah gula seperti bubuk kayu manis.

4. Selai Kacang

Selai kacang adalah camilan sehat yang padat gizi dan mengenyangkan. Konsumsilah selai kacang dengan biskuit gandum atau campurkan dengan smoothies buah dan sayuran untuk mendapatkan camilan yang super sehat.

5. Biskuit Gandum Utuh

Biskuit gandum utuh, selain mengenyangkan, juga mengandung zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat menyantap biskuit gandum dengan buah beri, ceri, atau pisang sebagai camilan di malam hari.

6. Ubi

Ubi merupakan sumber karbohidrat kompleks, serat tinggi, dan padat gizi. Anda dapat menyajikan ubi rebus atau ubi panggang sebagai camilan sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang optimal dan mendukung kesehatan jantung serta peredaran darah tubuh.

7. Popcorn

Popcorn adalah camilan sehat yang kaya karbohidrat kompleks. Popcorn dapat memberi rasa kenyang dan asupan gizi yang baik. Namun, pastikan selalu menyajikan popcorn dengan cara yang sehat.

8. Oatmeal

Oatmeal adalah camilan berat yang sehat dan nikmat pada malam hari. Anda dapat mendapatkan asupan gizi dan serat yang baik dengan memilih oatmeal dari gandum utuh.

9. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak dapat menjadi pilihan camilan yang mengandung gizi dan dapat mendukung kualitas tidur yang baik karena kandungan triptofan di dalamnya.

10. Keju Rendah Lemak

Selain susu rendah lemak, keju juga dapat menjadi pilihan camilan yang sehat. Keju mengandung triptofan yang dapat mendukung kualitas tidur yang baik dan asupan gizi yang cukup.

Ini merupakan daftar camilan enak dan sehat yang bisa anda konsumsi pada malam hari.

About The Author

Becom C: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Selai Kacang?