Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Otak, Jangan Dilewatkan

Myles Bannister

Omega-3 adalah jenis asam lemak yang bermanfaat untuk kesehatan otak, termasuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Berikut adalah manfaat omega-3 untuk otak.

Menilik Manfaat Omega-3 untuk Otak

60 persen otak terdiri dari lemak, dan omega-3 dibutuhkan untuk perkembangan dan fungsi otak. Asam lemak ini sangat penting untuk kinerja otak.

Berikut adalah beberapa manfaat omega-3 untuk otak:

1. Mengurangi Risiko Kehilangan Memori

Omega-3 dalam minyak ikan berperan penting dalam fungsi dan perkembangan otak. Minyak ikan juga dapat meningkatkan fungsi otak pada orang dengan masalah memori, seperti Alzheimer.

Penyakit Alzheimer adalah demensia yang umum terjadi pada lansia dan mempengaruhi fungsi otak dan kualitas hidup mereka.

Studi telah menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat meningkatkan fungsi otak pada orang dengan gangguan kognitif ringan atau penurunan kognitif terkait usia.

2. Membantu Perkembangan Otak

Docosahexaenoic acid (DHA), salah satu jenis omega-3, penting untuk perkembangan penglihatan pada bayi. DHA juga dapat membantu mengurangi risiko masalah perilaku dan meningkatkan keterampilan sosial seiring bertambahnya usia anak.

3. Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Suplemen minyak ikan diketahui dapat meredakan gejala depresi, dan efeknya mungkin sebanding dengan obat antidepresan. Penggunaan suplemen minyak ikan dengan kandungan eicosapentaenoic acid (EPA) yang lebih tinggi dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

Omega-3 dalam minyak ikan juga dapat membantu gangguan kepribadian ambang dan bipolar, namun perlu penelitian lebih lanjut.

4. Mengurangi Gejala ADHD pada Anak

Suplemen omega-3 telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala ADHD pada anak-anak dengan kadar EPA, DHA, dan ALA yang rendah.

Meskipun tidak mencegah ADHD sepenuhnya, omega-3 dapat meningkatkan fokus pada anak-anak dengan gangguan tersebut.

5. Membantu Mengatasi Kabut Otak

Minyak ikan dapat membantu mengatasi kabut otak pada orang dengan kekurangan omega-3. Kabut otak adalah kondisi di mana pemikiran terasa lambat atau kabur.

Karena sifat antiinflamasinya, omega-3 dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan menunda penuaan.

Meskipun perlu penelitian lebih lanjut, omega-3 dapat memberikan manfaat bagi kondisi kesehatan mental.

Berapa Banyak Asupan Omega-3 untuk Otak?

Tidak ada rekomendasi yang pasti mengenai dosis omega-3 dari minyak ikan untuk meningkatkan fungsi otak. FDA merekomendasikan batas atas 3.000 miligram per hari.

Mengonsumsi 1.000 hingga 2.000 miligram omega-3 dari minyak ikan setiap hari mungkin merupakan awal yang baik dan jauh di bawah batas atas yang direkomendasikan. Orang dengan depresi disarankan untuk memilih suplemen dengan kandungan EPA yang lebih tinggi.

Sebelum mengonsumsi suplemen minyak ikan, penting untuk membaca label dengan hati-hati. Kapsul 1.000 miligram mungkin tidak mengandung 500 miligram omega-3 yang sebenarnya.

Omega-3 juga dapat ditemukan dalam telur, kenari, kedelai, alpukat, brokoli, dan selada.

Referensi

About The Author

Mitos Tentang Penyebab Paru-Paru Basah

Amankah Bersin saat Hamil? Cek Penjelasannya