Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Panduan Diet Golongan Darah O

Myles Bannister

Apa Itu Diet Golongan Darah?

Diet golongan darah adalah aturan pola makan yang disesuaikan dengan golongan darah seseorang. Terdapat 4 jenis golongan darah yaitu A, B, AB, dan O. Langkah pertama untuk menerapkan diet golongan darah adalah memeriksa golongan darah Anda.

Fakta Diet Sehat Golongan Darah O

Golongan darah O memiliki keunikan karena tidak memiliki antigen A maupun B. Diet golongan darah O sangat dicari karena banyaknya populasi manusia dengan golongan darah ini. Diet ini disesuaikan dengan faktor risiko penyakit golongan darah O.

Studi menunjukkan bahwa pemilik golongan darah O cenderung memiliki kadar asam lambung yang tinggi, yang dapat memiliki manfaat dan risiko.

Menu dalam diet golongan darah O terutama terdiri dari produk hewani seperti ikan dan unggas, karena mudah dicerna oleh tubuh.

Cara Melakukan Diet Sehat Golongan Darah O

Jika ingin menerapkan diet sehat golongan darah O, ketahui makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari. Berikut adalah beberapa makanan yang baik dan harus dihindari oleh pemilik golongan darah O:

1. Protein hewani

Protein hewani yang baik untuk dimakan oleh golongan darah O adalah daging sapi, ikan kod, ikan makerel, dan ikan haring. Hindari daging babi, angsa, ikan lele, salmon asap, keong, gurita, dan kaviar.

2. Olahan susu

Mentega, susu kedelai, dan keju adalah olahan susu yang baik untuk golongan darah O. Sebaiknya hindari yogurt atau jenis susu yang tidak disebutkan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang baik untuk golongan darah O adalah kacang walnut, biji labu, hazelnut, kenari, almond, dan kacang polong hitam. Hindari kacang mete, kacang brazil, kacang tanah, kacang merah, asam jawa, kacang lentil, dan kacang polong.

4. Padi-padian

Padi-padian yang baik untuk golongan darah O adalah beras dan gandung hitam. Hindari jagung, oat, haver, dan gandung utuh.

5. Sayur-sayuran dan rempah

Sayur-sayuran yang boleh dikonsumsi termasuk tomat, kale, ubi jalar, paprika merah, bawang merah dan putih, lobak, rumput laut, dan labu kuning. Hindari jamur shitake, jagung, kentang, terong, dan zaitun fermentasi.

Rempah-rempah yang boleh dikonsumsi termasuk peterseli, cabe rawit, garam beryodium, kari, cokelat, dan madu. Hindari cuka, kayu manis, vanila, pala, saus tomat, mayonais, acar, dan sirup jagung.

6. Buah-buahan

Buah yang boleh dikonsumsi termasuk buah tin, buah plum, buah berry (selain yang harus dihindari), dan jeruk bali. Hindari melon, blewah, kelapa, jeruk, strawberry, dan blackberry.

Menurunkan Berat Badan dengan Diet Golongan Darah

Menerapkan pola makan berdasarkan daftar makanan di atas tidak menjamin turunnya berat badan. Untuk menurunkan berat badan dengan diet golongan darah O, perhatikan hal-hal berikut:

  • Konsumsi makanan dari daftar di atas dengan memperhatikan keseimbangan nutrisi dan kalori.
  • Lakukan olahraga secara rutin, sesuai dengan golongan darah Anda.
  • Konsultasikan dengan dokter jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.
  • Lakukan dengan konsisten untuk hasil yang maksimal.

Meskipun diet golongan darah masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya, menerapkan pola makan sehat sesuai dengan anjuran di atas tidak ada salahnya.

About The Author

7 Jenis Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Propofol: Fungsi, Dosis, Efek Samping, dll