Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Panduan Diet Menurut Golongan Darah O, A, B, AB (Lengkap)

Myles Bannister

Menurut D’Adamo, reaksi kimia terjadi antara darah dan makanan yang Anda makan. Reaksi ini merupakan bagian dari warisan genetis. Reaksi ini disebabkan oleh faktor yang disebut Lektin. Lektin dan protein dalam makanan memengaruhi darah Anda.

Jadi, ketika Anda makan makanan dengan lektin yang tidak cocok dengan golongan darah Anda, lektin mulai mengaglutinasi sel-sel darah dan menyebabkan masalah kesehatan. Inilah konsep diet golongan darah.

Inilah panduan diet menurut golongan darah O, A, B, AB yang bisa Anda ikuti:

Diet Golongan Darah O

Diet golongan darah O merekomendasikan diet tinggi protein. D’Adamo berargumentasi bahwa golongan darah O adalah tipe darah pertama yang muncul pada manusia sekitar 30.000 tahun lalu.

1. Karakter golongan darah O

Pemilik golongan darah O cenderung berprestasi tinggi, aktif, dan terorganisir.

2. Olahraga golongan darah O

Olahraga yang cocok untuk golongan darah O adalah latihan kardio seperti jogging, bersepeda, berenang, atau jalan cepat. Latihan di pagi hari lebih baik.

3. Menu diet golongan darah O

Diet golongan darah O harus mengurangi karbohidrat dan tinggi protein. Makanan yang direkomendasikan dan yang harus dihindari:

Makanan yang bermanfaat untuk diet golongan darah O:

jahe, kailan, kunyit, daging (sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi), brokoli, ubi, labu, selada, lobak china, bluberi, rumput laut, ganggang laut, ceri, jambu biji, kacang merah, bumbu kari, kacang polong, semua jenis bawang.

Makanan yang netral untuk diet golongan darah O:

Ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, ikan sardine, udang, telur (ayam, bebek), mentega, kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), tempe, tahu, susu kedelai, terung, tomat, labu, dan daging (ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun, kelinci).

Makanan yang harus dihindari untuk diet golongan darah O:

Daging babi, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt (semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras, cumi, sotong, dan bunga brokoli.

Diet Golongan Darah A

Diet golongan darah A merekomendasikan makan lebih banyak sayuran dan menghindari daging merah. Diet ini cocok bagi individu yang cenderung menjadi vegetarian.

1. Karakter golongan darah A

Pemilik golongan darah A cenderung sangat kreatif, sensitif, dan pemecah masalah yang baik.

2. Olahraga golongan darah A

Olahraga yang cocok untuk golongan darah A adalah olahraga santai seperti yoga, tai chi, berjalan, dan olahraga outdoor.

3. Menu diet golongan darah A

Diet golongan darah A harus rendah lemak dan tinggi karbohidrat. Makanan yang direkomendasikan dan yang harus dihindari:

Makanan yang bermanfaat untuk diet golongan darah A:

Bayam, kacang tanah, kacang buncis, susu kedelai, tahu, ikan mas, ikan sardine, jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau, sitrun, tempe, tepung beras, bluberi, brokoli, wortel, dan minyak zaitun.

Makanan yang netral untuk diet golongan darah A:

Ikan tuna, telur puyuh, biji wijen, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur (semua jenis), melon, blewah, pir, delima, kiwi, kurma, strowberi, kesemek, jambu biji, daging (ayam, burung unta, belibis, kalkun, burung dara), telur ayam & bebek, biji bunga matahari, roti gandum, kacang ercis/kapri, jagung, dan tapioka.

Makanan yang harus dihindari untuk diet golongan darah A:

Daging (sapi, angsa, kelinci, ayam hutan, kerbau, domba, bebek), lobster, belut, kodok, keju, es krim, susu, kelapa/santan, melon madu, pisang raja, pepaya, acar, terung, tomat, ubi, gurita, kepiting, kentang, jeruk, udang, cumi, mentega, susu sapi, pare, dan air soda.

Diet Golongan Darah B

Golongan darah B disebut tipe “nomad” dan terkait dengan sistem kekebalan yang kuat dan sistem pencernaan yang fleksibel.

1. Karakter golongan darah B

Orang dengan golongan darah B disebut sebagai praktis dan tidak suka bertele-tele dalam banyak hal. Diperkirakan golongan darah B berasal dari 10.000 tahun yang lalu.

2. Olahraga golongan darah B

Olahraga yang cocok untuk golongan darah B adalah latihan moderat yang melibatkan tubuh dan otak, seperti balet dan menari.

3. Menu diet golongan darah B

Diet golongan darah B memperbolehkan konsumsi susu dan produk olahan susu. Makanan yang direkomendasikan dan yang harus dihindari:

Makanan yang bermanfaat untuk diet golongan darah B:

Kembang kol, terung, teh hijau, kue beras, brokoli, ubi, wortel, daging (kambing, domba, kelinci, rusa), bubur gandum, ikan laut, susu sapi, keju, dan roti essene.

Makanan yang netral untuk diet golongan darah B:

Telur ayam, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, Cumi-cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji.

Makanan yang harus dihindari untuk diet golongan darah B:

Daging (bebek, ayam, angsa, belibis, babi, kuda, keong, kepiting, siput, kacang tanah, roti gandum, tomat, waluh, jagung, air soda, minuman beralkohol, avokad, pare, delima, kelapa/santan, kesemek, belimbing, belut, kodok, gurita, lobster, es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), dan buah pir.

Diet Golongan Darah AB

Golongan darah AB disebut sebagai “the enigma” dan merupakan perantara antara golongan darah A dan B.

1. Karakter golongan darah AB

Orang dengan golongan darah AB cerdas, kreatif, dan baik dalam pemecahan masalah. Mudah bergaul dengan orang lain.

2. Olahraga golongan darah AB

Olahraga yang cocok untuk golongan darah AB adalah yoga, pilates, dan jogging ringan.

3. Menu diet golongan darah AB

Diet golongan darah AB dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis makanan. Berikut adalah menu diet yang cocok untuk golongan darah AB:

Makanan yang bermanfaat untuk diet golongan darah AB:

Ikan sardin, teh hijau, ikan tuna, susu kambing, putih telur ayam, keju ricotta, krim asam (rendah kalori), anggur merah, dan daging (kalkun, domba, kelinci).

Makanan yang netral untuk diet golongan darah AB:

Kacang merah, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, Cumi-cumi, ikan mas, kacang buncis, tepung beras, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji.

Makanan yang harus dihindari untuk diet golongan darah AB:

Kesemek, daging (sapi, kerbau, ayam, bebek, angsa, babi, rusa kuda), lobster, kepiting, kodok, mentega, acar, jagung, belimbing, delima, minuman beralkohol, saus tomat, kopi, soda, jambu biji, mangga, kacang hitam, es krim, telur bebek, pare, pisang, kelapa.

Itulah panduan lengkap diet menurut golongan darah O, A, B, AB yang bisa Anda ikuti. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan tips dan cara diet yang tepat untuk Anda.

About The Author

Manfaat Kacang Koro Bagi Tubuh

Pilek Berkepanjangan? Penyebab yang Mungkin